cool hit counter

PDM Kabupaten Temanggung - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Temanggung
.: Home > Agenda > Kunjungan Majelis EKonomi dan Kewirausahaan ke BTM Pusat di Pekalongan

Homepage

Kunjungan Majelis EKonomi dan Kewirausahaan ke BTM Pusat di Pekalongan

Tanggal:17 June 2012
Waktu:10:17 WIB
Tempat:Pekalongan
Biaya:Rp.
Kontak:Ipunk purnomo sidi
Telepon:081215542751
Email:
Deskripsi

Menindak lanjuti hasil Seminar Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Muhammadiyah Temanggung yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2012 yang tema “ Menggerakkan Ekonomi Islam melalui Lembaga Keuangan Syari’ah”, Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Muhammadiyah Temanggung diberi amanat untuk mendirikan BTM (Baitut Tamwil Muhammadiyah) di Temanggung. Berkenaan dengan hal tersebut , pada hari Sabtu tanggal 23 Juni 2012 Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Muhammadiyah Temanggung mengadakan kunjungan ke BTM Pusat di Wiradesa Pekalongan guna mendapatkan referensi tentang pendirian BTM . Kunjungan tersebut diikuti oleh Nurcholis (Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan), Taufichurrahman ( Pemuda Muhammadiyah), Andhy dan Distho ( calon pengelola).
Di BTM Wiradesa Pekalongan, yang juga kantor BTM Pusat Jawa Tengah, romongan diterima oleh Bp. Drs. Akhmad Sakhowi, SE. (Ketua Pengurus BTM Pusat), Drs. Achmad Su’ud, M.Si. ( Manager BTM Pusat) dan Muhammad Ridwan, SE. M.Ag ( Sekretaris Pengurus BTM Pusat). Dalam paparannya yang disampaikan oleh Bp. Drs. Akhmad Sakhowi, SE dijelaskan tentang pengertian BTM, cara teknis pendirian BTM, kendala dan antisipasi pengelolaan BTM dan bantuan yang dapat diberikan kepada BTM Temanggung antara lain pendampingan selaku konsultan, bantuan likuiditas (keuangan) BTM, dukungan system dan supervisi. Juga dijelaskan tentang prospek BTM yang diumpamakan bahwa kalau BMT (Baittul Mal wal Tamwil) umum diibaratkan memancing ikan di sungai yang luas, sedangkan BTM diibaratkan memancing ikan dikolam ikan. Jadi prospeknya sangat menjanjikan, bahkan dari pengalaman titik impas (BEP/break event point) antar 1 – 1.5 tahun.
Sedangkan Bp. Drs. Achmad Su’ud, M.Si. menjelaskan tentang layanan konsultasi yang dapat dilakukan oleh BTM Pusat kepada BTM Temanggung yang meliputi legalitas berdirinya BTM, recruitment karyawan, pelatihan karyawan, system pengelolaan (software), supervisi (pendampingan selama beroperasi), perencanaan tempat, rancang bangun kantor (design interior) dan pembukaan / peresmian BMT (launching). Dan dapat ditargetkan bahwa BTM Temanggung dapat operasi penuh pada tanggal 2 Januari 2013.


 





Agenda Minggu Ini
  • Arsip minggu ini kosong



Arsip Agenda

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website